Senin, 30 April 2012

Menikmati Futsal



Exsan Dwi Cahyono
Mahasiswa Universitas Negeri Malang  Fakultas Teknik Elektro
Exsan_dc@yahoo.com

Tak dipungkiri futsal kini menjadi olahraga populer di kalangan remaja, ataupun mahasiswa. Kendati futsal dilahirkan jauh sebelumnya itu. Futsal diperkenalkan Juan Carlos Ceriani di Montevideo, Uruguay, pada 1930. Mengapa baru akhir-akhir ini populer di Indonesia? maklum saja, karena futsal baru masuk ke Indonesia medio 2001 dan langsung disambut antusias berbagai kalangan.
Apa asyiknya futsal? Sebagai penggemar futsal, selain memburu sehat, bagi penulis aktivitas ini mampu membunuh stres ketika tugas kuliah menggunung dan saat benak jenuh. Sementara banyak teman mahasiswa mengaku, menikmati futsal sebagai media menjalin pertemanan. Bisa dimaklumi, mengingat lewat futsal seseorang tak sekadar mengenal teman bermain, namun juga lawan tanding. Jadi, tak ada salahnya memanfaatkan waktu luang dengan cara benar, bermain futsal.
Sebagian teman yang lain mengaku, bermain futsal lantaran hobi. Lebih-lebih dalam permainan futsal tak asal-asalan karena butuh kelincahan dan trik-trik melakukan improvisasi dalam permainan. Pemain harus bisa mengeluarkan teknik yang lebih berperan daripada tenaga. Ruang gerak yang sempit membuat aliran bola bergerak cepat di antara kaki pemain. Jadi pemain futsal dituntut bermain cepat, baik dalam passing, gerak tipu dan shooting. Pemain dilarang melakukan tackling dan sliding keras. Dengan begitu, pemain bisa tampil lepas tanpa berpikir risiko untuk dicederai lawan.
Futsal juga memiliki sisi negatif, terutama jika penikmat futsal terlalu asyik bermain dan melupakan kewajiban utamanya sebagai pelajar atau mahasiswa. Selain, futsal bisa menyebol kantong karena bermain futsal cukup membutuhkan biaya yang tidak sedikit, jadi para mahasiswa sering mengeluh juga kehabisan uang karena bermain futsal. Namun demikian, penikmat futsal tetap bisa mendapatkan kesenangan bermain sekaligus sehat dengan pandai-pandai membagi waktu dan mengatur pengeluaran sebaik mungkin. Dengan demikian kita dapat fokus dalam pembelajaran di kampus sekaligus menyalurkan hobi tanpa meninggal kewajiban utama sebagai mahasiswa.

www.surya.co.id



Support : Creating Website | DcAc
Copyright © 2013. DcAc - All Rights Reserved